MATERI UJIAN PRAKTIK TIK KELAS IX (VII-1) : SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

Telepon, komputer, dan lainnya yang kita punya saat ini tidak begitu saja hadir di sekeliling kita. Pasti ada asal-usul kapan, dan siapa yang membuatnya. Ini dia sejarahnya

A.    SEJARAH PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASI
Pada zaman dahulu manusia berinteraksi dengan lainnya menggunakan alat komunikasi yang sangat sederhana. Semakin beriringnya zaman, manusia menggunakan akal pikirannya untuk mengembangkan teknologi komunikasi yang tepat.

1.      Periode Sebelum Masehi
a.       Periode sampai dengan 3000 SM
Pada saat itu manusia hidup dengan cara berburu. Mereka menggambarkan apa yang mereka lihat pada dinding-dinding gua. Informasi  yang tertulis pada dinding gua berupa gambar tentang kegiatan berburu dan binatang hasil buruannya. Untuk berkomunikasi langsung dengan manusia yang lain,  mereka masih menggunakan bahasa dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan.
b.      Periode 3000 SM
Periode 3000 SM dimulai saat Bangsa Sumeria untuk pertama kalinya menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi. Huruf yang mereka gunakan masih berupa simbol-simbol yang dikenal dengan sebutan piktograf. Pada periode 2900 SM, Bangsa Mesir kuno menggunakan huruf-huruf hieroglif yang terdiri atas simbol-simbol tentang suatu objek untuk berkomunikasi. Pada periode 500 SM Bangsa Mesir kuno mengembangkan komunikasi mereka menggunakan serat papyrus sebagai kertas untuk menulis. Pada periode 105 SM Bangsa Cina mulai menggunakan kertas yang terbuat dari serat bambu untuk menulis.


2.      Periode Setelah Masehi
a.       Telegraf

Telegraf merupakan sistem pengiriman tulisan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Tulisan yang dikirim berupa simbol-simbol atau kode-kode sederhana yang mewakili suatu pesan. Kode-kode ini disebut dengan morse sesuai dengan nama penemunya yaitu Samuel F.B. Morse.
b.      Telepon

 


Telepon adalah alat komunikasi yang dapat merubah suara menjadi arus listrik dan mengirimnya melalui jaringan kabel telepon. Alexander Graham Bell dan Antonio Meucci merupakan orang yang mempunyai andil dalam penemuan telepon.
Dari masa ke masa telepon mengalami perkembangan yang sangat pesat. Telepon dikembangkan sedemikian rupa hingga sekarang dapat dibawa-bawa ke mana-mana yang biasa dikenal dengan telepon seluler.
c.       Faksimile


Faksimile adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirim dan menerima dokumen teks dan rafik melalui jaringan telepon. Faksimile berasal dari kata facsimile yang berarti menyalin sama persis dengan aslinya. Faksimile dapat mengirimkan teks dan rafik melalui jarak jauh dengan cara yang lebih cepat, murrah, dan mudah.
d.      Radio


Radio adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan sinyal suara dengan mengunakan gelombang elektromagnetik.
e.       Televisi


Televisi adalah sistem komunikasi yang dapat mengirim dan menerima gambar dan suara melalui gelombang elektomagnetik. Televisi pada dasarnya merupakan sebuah media penyiaran umum yang menyiarkan berita dan informasi termasuk hiburan.

B.     SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Komputer pada dasarnya merupakan salah satu bentuk teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Berikut sejarah awal mula komputer.

1.      Gagasan Penciptaan Komputer

Perkembangan komputer diawali dengan adaanya gagasan dari Charles Babbage dengan membuat suatu mesin yang dapat melakukan persamaan diferensial.mesin ini menggunakan tenaga uap untuk menyimpan data dan melakukan perhitungan, serta sudah dilengkapi dengan mesin cetak otomatis.
Mesin temuan Babbage ini menggunakan 50.000 komponen dan kartu-kartu berlubang yang berisi instruktur bagi mesin tersebut. Setelah temuan tersebut, komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berikut beberapa orang yang mengikuti jejak Babbage.
a.       Herman Hollerith
Pada tahun 1889 ia berhasil menemukan mesin untuk membantu sensus penduduk di Amerika Serikat. Mesin ini menggunakan kartu-kartu seperti temuan Babbage.
b.      Vaannevar Bush
Pada tahun 1931 ia berhasil menemukan alat yang mampu menyelesaikan permasalahan differensial. Karena menggunakan ratusan gerigi dan poros untuk melakukan perhitungan, mesin ini berbentuk besar dan berat.
c.       John V. Atanasoff dan Clifford Berry
Pada tahun1903 menemukan komputer dengan sistem Aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Sistem ini mengacu pada sistem biner aljabar yang ditemukan oleh George Boole. Sistem biner aljabar menyatakan bahwa setiap persamaan sistematis dapat dinyatakan benar atau salah.

2.      Komputer Generasi I
Komputer generasi pertama dicirikan  dengan ukuran yang sangat besar bahkan dapat memenuhii ruang kamar. Komputer generasi ini dikembangkan karena adanya Perang Dunia II. Untuk memenangkan perang ini para ilmuan dari Jerman dan Inggris berlomba membuat komputer sesuai kebutuhannya.
Komputer pada generasi ini dibuat untuk tugas atau tujuan tertentu sehingga setiap komputer mempunyai kode biner yang berbeda. Hal ini menyebabkan komputer sulit diprogram dan kecepatannya terbatas.

3.      Komputer Generasi II
Penemuan transistor di tahun 1948 sangat perpengaruh terhadap perkembangan komputer. Tube vacuum yang biasa ada dalam komputer generasi  pertama digantikan dengan transistor. Alat inilah yang menyebabkan ukuran komputer generasi kedua menjadi lebih kecil.
Pada masa ini bahasa pemograman mulai bermunculan, seperti COBOL, FOLTRAN, dan sebagainya. Bahasa ini menggantikan kode-kode mesin yang rumit menjadi kata-kata, kalimat dan rumus matematis sehingga  dapat memudahkan manusia untuk memprogram atau mengatur komputer.

4.      Komputer Generasi III
Pada komputer generasi ketiga ini, Jack Kilby berhasil mengombinasikan tiga komponen elektronik dlam sebuah piringan kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan berhasil memasukkan lebih banyak lagi program ke dalam sebuah chip. Akibatnya, ukuran komputer dapat lebih kecil lagi. Sistem operasinya juga sudah dapat memungkinkan komputer menjalankan berbagai program berbeda secara serentak.

5.      Komputer Generasi IV
Tujuan dari pembuatan komputer generasi keempat adalah untuk mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektroniknya. Penggantian komponen tersebut diharapkan dapat membuat komputer lebih kecil dan fleksibel . Namun, pengecilan ukuran sirkuit ini tidak mengurangi kecepatan kerja komputer tetapi justru dibuat menjadi lebih cepat lagi. Generasi keempat inilah dikenal adanyya PC (Personal Computer) dan Notebook atau Laptop.

6.      Komputer Generasi V
Komputer Generasi Kelima masih dalam tahap pengembangan . para ahli komputer sedang mengusahakan sebuah komputer yang dapat menerjemahkan bahasa manusia, melakukan percakapan dengan manusia yang memiliki peran seperti manusia.
Komputer dan jaringan internet menyediakan koneksi online yang dapat mengirimkan berbagai macam informasi seperti teks, suara, gambar bergerak (video), perangkat lunak (software), dan layanan multimedia lainnya.
Layanan komunikasi internet populer antara lain melalui e-mail (electronic mail) dan IM (Instan Mesaging). E-mail adalah sistem pengiriman pesan yang berbasis teks yang memungkinkan pengiriman informasi secara pribadi kepada pengguna lain. Sedangkan pesan singkat yang dikenal dengan IM adalah sistem pengiriman pesan yang dapat berupa teks, suara, atau video secara langsung.
Untuk terhubung ke jaringan internet pada umumnya komputer memanfaatkan jaringan kabel telepon dengan menggunakan sambungan dial-up atau DSL (Digital Subscriber Lines). Jaringan internet yang sering dijumpai sekarang ini memanfaatkan gelombang radio yang dikenal dengan istilah Wi-Fi (Wireless Fidelity).

C.    SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Menurut Sayling Wen terdapat empat macam perkembangan media dari zaman ke zaman, yaitu sebagai berikut.
1.      Media Antarpribadi
Pada masa prasejarah, manusia mengkomunikasikan pikiran, pengetahuan, dan gagasannya ke lingkungan sosialnya secara verbal. Dalam beberapa kasus, manusia pada zaman prasejarah menggunakan simbol-simbol material berupa ukiran pada batu, dinding gua, dan lainnya.
Menurut Sayling Wen, manusia berkomunikasi lewat enam jenis media yaitu: suara, grafik, teks, musik, animasi, dan video.
2.      Media Penyimpanan
Media penyimpanan adalah salah satu bentuk komunikasi tertulis yang mula-mula dikembangkan sebagai salah satu cara memungkinkan informasi untuk disimpan dan dibaca oleh orang-orang di lain waktu. Sedikitnya enam jenis media penyimpanan menurut Sayling Wen yaitu: buku dan kertas, kamera, alat perekam kaset, kamera film dan proyektor, alat perekam video, dan disk optikal.
3.      Transmisi Media
Transmisi media bukanlah sekedar tentang penyimpanan dan penyebarab. Informasi juga perlu ditransmisiskan seketika sebelum beritanya ketinggalan. Transmisi media dapat dibagi menjadi tiga kategori.
a.          Komunikasi
Pada dasarnya, komunikasi adalah transmisi dari satu orang ke orang yang lain, di mana pengirim maupun penerimanya spesifik.
b.         Penyiaran
Penyiaran yaitu transmisi dari satu orang ke banyak orang.
c.         Jaringan
Jaringan merupakan transmisi dari banyak orang ke banyak orang lainnya, tetapi juga mencakup transmisi dari satu orang ke satu orang, dan dari satu orang ke orang banyak.

4.      Platform Media
Platform media memungkinkan orang berinteraksi dengan muatan media atau yang menyediakan pemrosesan lebih lanjut terhadap media yang bersangkutan. Platform media yang sekarang digunakan adalah komputer. Komputer yang paling leluasa dan paling merebak sekarang ini mampu menyimpan, memproses, dan mentransmisikan keenam media berupa teks, grafik, suara, musik, animasi, dan video.




Source: LKS (Lembar Kerja Siswa) – VII SMP

0 komentar: (+add yours?)

Post a Comment