MATERI UJIAN PRAKTIK TIK 9 (VII-2) : KEGUNAAN BEBERAPA PROGRAM APLIKASI

A. Kegunaan Program Aplikasi Pengolah Kata

Program aplikasi pengolah kata pada umumnya digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering dilakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, jarak pinggir kertas (margin), jenis huruf (font), juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Microsoft Word merupakan program pengolah kata multiguna yang terpopuler saat ini. Pekerjaan – pekerjaan dapat diselesaikan dengan sangat mudah sekali dan interaktif, mulai dari menulis dokumen sederhana seperti memo dan surat-surat, merancang bahan publikasi dengan tampilan profesional seperti buku-buku, brosur, dan sebagaainya. Hal lain yang membuat Icrosoft Word sangat populer adalah sangat mudah digunakan karena dilengkapi dengan peralatan (tools) yaitu menu, toolbar, dan option sehingg tidak perlu menghafal semua perintah yang mungkin akan digunakan.
Keunggulan Microsoft Word dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata lain :
1.      Mudah dalam pengoperasian.
2.      Mudah dalam manajemen file dan fasilitas auto recovery jika terjadi pemadaman listrik.
3.      Kualitas baik dan bagus dalam percetakan.
4.      Apa yang dilihat pada monitor akan sama hasilnya dengan cetakan.
5.      Dapat mengirimkan email dan fax langsung jika terhubung ke internet.
6.      Mempu menyisipkan objek grafik, ataupun objek lainnya yang membuat naskah lebih menarik.
7.      Kemampuan menyimpan file dalam bentuk web.
 
Microsoft Office Word 2007
B. Kegunaan Aplikasi Pengolah Angka
Perangkat aplikasi pengolah angka atau lembar sebar adalah perangkat lunak (software) khusus untuk menangani permasalahanyang berkaitan dengan angka. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data dan grafik.
Aplikasi pengolah angka baisanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu rang dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal, atau deviasi.
Microsoft excel merupakan program yang sangat mudah digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisis, dan mempresentasikan data pada lembar kerja.

Microsoft Office Excel 2007

C. Kegunaan Aplikasi Pengolah Data
Perangkat lunak pengolah data adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan mengelola data dalam bentuk database, misalnya untuk membuat laporan siswa, mahasiswa, pegawai, atau karyawan, pembelian dan penjualan barang, laporan keuangan yang saling berhubungan dan sistematis.
            Perangkat lunak pengolah kata menyajikan informasi antara lain :
1.      Mengatur informasi atau data
2.      Membuat, mengubah, mencari, dan menghapus serta mengurutkan data
3.      Menganalisa danmerealisasikan data
4.      Mencetak data
Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditunjukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah, yang digunakan untuk menangani pembuatan dan manipulasi data serta sebagai basis data untuk aplikasi web dasar.
 
Microsoft Office Access 2007
Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompabilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (Visual Basic for Applications / VBA dan Marco) untuk memprogram form dan logika juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
 
D. Kegunaan Program Aplikasi Grafis
Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis terapan yang menciptakan atau mengatur tentang ilustrasi, foto, tulisan, dan garis dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain  grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan sebagainya.
Berikut ini pembagian desain grafis berdasarkan kategori program grafis yang digunakan.
1.      Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe Frame Maker, Adobe In Design, Adobe Page Maker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress, dan lain-lain. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain seperti Adobe Photoshop.
2.      Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe Illustrator, Corel Draw, Macromedia Free-hand, dan lain-lain.
3.      Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah Adobe Potoshop, Corel Photo Paint, Microsoft Photo Editor, dan lain-lain. Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching).

Adobe Photoshop CS2

E. Kegunaan Program Aplikasi Presentasi
Aplikasi pembuatan presentasi terbagi dalam beberapa kategori. Perbedaan utama umumnya terletak pada output file yang dihasilkan dari media penyajian presentasi yang diakomodasi oleh apikasi terkait. Penggunaan aplikasi office disarankan bagi pembuatan dokumen presentasi secaracepat dan praktis, dengan materi presentasi yang singkat dan ringkas. Integritas aplikasi office memungkinkan penyajian grafik, tabel, dan data dapat dilakukan secara mudah. Fleksibilitas penyajian output file sangat tinggi, mengingat secara umum setiap komputer memiliki aplikasi office di dalamnya. Microsoft PowerPoint merupakan contoh aplikasi yang sangat lazim digunakan untuk kebutuhan presentasi.
 
Microsoft Office PowerPoint 2007




Source : LKS (Lembar Kerja Siswa) VII-SMP

0 komentar: (+add yours?)

Post a Comment